Headlines News :
Home » » Meski Haid, Pahala Puasa Masih Bisa Didapat! Ini Amalannya

Meski Haid, Pahala Puasa Masih Bisa Didapat! Ini Amalannya

http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Doa-perempuan.jpg
UNIC9-Perempuan haid memang tidak bisa berpuasa. Namun, bukan berarti tidak bisa mendapatkan pahala. Masih banyak amalan yang bisa dilakukan kaum hawa agar bisa menggapai pahala di bulan suci.

Hj Masyitah Umar, Dosen IAIN Antasari Banjarmasin mengingatkan perempuan yang berhalangan puasa bisa memperbanyak amal saleh dengan berbagi kepada sesama seperti melalui sedekah dan infak.

Lantanaalul birro hatta tunfiquu mimma tuhibbuun wamaa tunfiquu min syai'in fainnallaha bihi aliim (QS Ali Imran 92), yang artinya maka tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harga yang kamu cintai, dan apa yang kamu infakkan tentang hal itu sungguh Allah Maha Mengetahui.

Demikian pula sangatlah indah jika bulan Ramadan tidak disiasiakan dengan selalu mengucapkan kalimat thoyyibah (takbir, tasbih dan tahmid kepada ALllah SWT), daripada mengucapkan sesuatu yang tidak bermanfaat seperti ngerumpi dan mengumpat.

Kemudian elok pula jika diiringi dengan doa sebagaimana berikut: Illahi waqafas saailuuna bibaabika walaadzal fuqarai bijanaabika wawa qafat safiinatul masaakiini'alaa saahili bahri karamika yarjuunal jawaaza ilaa saahati rahmatika wa ni'matika. Artinya, Ya Tuhanku, orang-orang yang meminta berdiri di hadapan pintu-Mu dan orangorang faqir berlindung di sisi-Mu, dan bahtera orang-orang miskin berlabuh di pantai laut kemurahan-Mu, mereka berharap bisa sampai pada padang rahmat dan nikmat-Mu.

Selanjutnya jangan lupa berdoa pada 10 hari pertama: Allahummar hamnii birahmatika yaa arhamar rahimiin.

Boleh juga ditambah dengan doa: Ilaahi rabihas shaaimuuna wafaazal qaaimuuna wanajal mukhlishuuna wanahnu `abiidukal mudznibuuna farhamnaa birahmatika wajud `alainaa bifadhlika waminnatika waghfirlanaa ajma'iina birahmatika ya arhamarrahimiina. Artinya, Ya Tuhanku, beruntunglah orang-orang yang berpuasa, beroleh keberuntunganlah orang-orang yang berdiri (salat malam) dan selamatlah orang-orang yang ikhlas, dan kami adalah hamba-hamba-Mu yang berdosa, maka rahmatilah kami dengan rahmat-Mu, limpahkanlah kepada kami kemurahan dan anugerah-Mu, dan ampunilah kami semua dengan rahmat-Mu walai Tuhan yang Maha Penyayang di antara para penyayang.

Jika sedang bepergian atau keluar rumah sebaiknya kurangi padangan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Tampilan dan busana senantiasa dalam bingkai islami. Demikian pula ucapan perilaku sikap dan perbuatan senantiasa dalam bingkai akhlaqul karimah.


Sumber: http://www.fashingnet.com/2012/07/meski-haid-pahala-puasa-masih-bisa.html
Share this article :

KOTAK KOMENTAR

INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
SMS: 085268127683 (FAST RESPON) ATAU




FANSPAGE FACEBOOK

 
Support : Hajsmy Blog | Kupas
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Unic9 - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Hajsmy Blog